Sekarang Paham Kenapa Sering Dengar ”Kangen Jogja..”

Setelah terakhir kalinya entah kapan saya ke kota Jogja, kemarin berkesempatan gabung dengan teman-teman nurut tradisi tahunan nonton Festival Ngayogjazz tanggal 22 November lalu.

“I’m far away from being an a avid jazz listener, but I’m sure it must be good to take a stroll around Jogja!” my thought before said ‘yes’ to idberry the picnic master’s invitation.

 

Canting, Wisata Gaul Anak Jogja

Sayangnya kami belum bisa bergaul-gemerlap di sini. Biasanya anak Jogja datang untuk hangout pada malam hari, lha kami malah untuk sarapan. Hahaha..! Tapi tetap bisa terbayangkan bagaimana hangatnya atmosphere di rooftop restaurant ini jika didatangi pada waktu malam. Tonton aja video Mas Goen yang ini, kelihatan deh di siang hari saja udah keren tempatnya, gimana malam hari.

 

Jeep Siap Antar Nona Nikmati Lava Tour

Lava Tour yang menyenangkan.

Siap-siap setting copot-pakai-masker ya, karena kondisi paska erupsi Merapi 5 tahun silam, membuat wilayah di sekitar kaki gunung Merapi menjadi kering dan berdebu. Jadi ya supaya kesehatan pengunjung tetap terjaga, dan pose seru buat foto-foto ramean pun siap siaga (wuopo). Kamu bisa cek paket rute dan tarifnya di sini.

Perhentian pertama yaitu Museum Omahku Memory yang suasana tempatnya hening-hening bikin merinding. Menyimpan barang-barang yang masih bertahan setelah erupsi Gunung Merapi. Kitab suci Al-Quran, perkakas rumah tangga, sepeda dan barang pecah belah lainnya yang berhasil lolos dari ganas dan panasnya lava. Tonton juga aerial drone shot arahan pilot kita, Om Bababdito.

 

 

Festival Ngayogjazz 2015

Nah ini dia puncak agenda jalan-jalan kami. Sambil bikin video bareng @goenrock dan @popokman, tentulah langsung nikmatin musik jazz dan suasana humble-syahdu-artsy khas Festival Ngayogjazz yang kali ini diadakan di Desa Budaya Pandowoharjo, Jogjakarta.

Bersyukur Ngayogjazz tahun ini tidak turun hujan. Kami bisa maksimal pecicilan mampir ke booth di sana-sini. Senang sekali karena sempat tatap muka langsung dengan kenalan-kenalan dari Twitter yang tadinya hanya kenal username dan tweet-tweet serunya saja. Om Vindrasu, Ndik, Utieed, geng pamityang2an dan geng anak Jogja lainnya, menyambut kami dengan ramahnya.

Menemani Mas Goen yang memang pendengar musik jazz, kami pulang dengan jiwa gembira setelah penampil utama manggung, Trie Utami & Kua Etnika. Penampilan mereka memang spekta!

 

Honje Restaurant – Dowa Mangkubumi yang Mangkuhati

Yang sangaaat saya suka dari Honje Restaurant adalah ya honje itu sendiri. Jangan bingung.. Saya baru tahu dari Mba Kika langsung, sang pemilik, bahwa honje itu artinya bunga kecombrang. Selama ini saya hanya dengar sekilas tentang kecombrang sebagai bahan masakan khas Bali, tanpa tahu bentuk aslinya. Dasarnya kan ya saya pencinta bunga: gak bisa lihat bunga unyu dikit. Lagi makan-makan enak, praktis saya todong Mas Goen dan Popok untuk sesi foto-foto bareng bunga cantik juga banyak manfaat ini.

CUajirfWIAA1YzIXIPR4923

Honje Restaurant yang letaknya satu gedung dengan Dowa Bag bisa jadi tempat yang mesti kamu kunjungi ketika mampir ke Jogja. Saya yakin tidak kalah asik deh dibanding dengan tempat nongkrong favorit kamu di Jakarta. Yang cowok bisa sambil nunggu di Honje Resto, yang cewek bisa belanja di Dowa. Menurut saya terapi stres banget sih ini belanja di Dowa. Warna koleksi tasnya cerah, pas buat kamu yang jiwanya ceria (azig), atau seperti saya penyuka bunga. Apalagi begitu lihat masterpiece di sini itu scarf dan pareo karya Kartika Affandi dan beberapa koleksi karya Ayang Cempaka. Gawd, jatuh cinta!

 

The Sarapans

Tempat sarapan ini juga saya suka. Nikmatin western breakfast tanpa perlu kamu jaim. Karena kalau di Jakarta biasanya kan perlu resto khusus untuk nikmatin menu ini. Nah di sini kamu bisa aja sarapan like an American, tapi nongkrong koyo Jogjanian. Porsinya dooong.. carbo combo! Buat saya sendiri ini cocok banget sih untuk persiapan kalau ada lomba lari Jogmar –Jogja Marathon (ya kalii suatu saat nanti adaaa..)

cuyrah6u8aekuxuFoto diambil oleh Popokman

Klinik Kopi

Lalu kami bertemu dengan Mas Pepeng @escoret, owner Klinik Kopi, warung sekaligus coffee workshop yang berlokasi di daerah Kaliurang. Saya pun sudah saling follow dengan Mas Pepeng di Twitter. Dengan begitu telaten Mas Pepeng siapkan kopi untuk kami satu per satu. Mas Pepeng melakukan sendiri semua proses kopinya dari roasting hingga brewing. Ia sediakan waktunya khusus untuk kedatangan kami on appointment yang tiba sekitar pukul 2 siang, karena Klinik Kopi dibuka sore jam 4 sampai jam 10 malam.

 

Meski bukan peminum kopi (Saya mau, tapi tidak bisa. Iya.. anaknya lemah, gak tau kenapa…) saya pikir setelah melalui perjalanan jauh dari Jakarta ke Jogjakarta, masa’ iya tidak mencicipi kopi di Jogja waktu itu. Mas Pepeng siapkan kopi yang paling light dan aman untuk saya coba.

Yaaah.. jalan-jalan singkat dan berkesan. Sudah waktunya pulang. Setelah Bali, sepertinya Jogja jadi salah satu kota untuk saya kembali. Special thanks saya kirimkan kepada Om Ded Kepala Jurusan Piknik, dan Mba Dita karena semua seseruan weekend getaway ini tidak lain dan tidak bukan datangnya… DARI TELKOMSEL~ ♪♫  (please you guys sing it with Telkomsel jingle)

Sampai dapati saya lagi, daerah istimewa..

Stay humble.

Advertisements

About lolitalavietha

Lolita Lavietha is a social networking enthusiast who believes the social media with its creative content is the future of communication. Lolita lives in Jakarta, and loves running the extra miles and improve her diving experience. Reach Lolita at: Twitter & Instagram: lavivrie

2 comments

  1. Next time kita foto sunsetan di Canting!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: