Berjalan Pun Ternyata ada Rahasianya!

Pada awal bulan Desember tahun 2015 lalu, saya mengikuti sebuah pelatihan yang dibawakan oleh Professional Walking Instructor – Idayanti Sudiro/Okky, yang memberikan kunci rahasia dari berjalan alami. Pasti banyak yang bertanya, “Berjalan saja kok ada rahasianya?” Ya, ternyata menjaga kesehatan kita bisa dimulai dari aktivitas yang sering kita lakukan setiap hari, dengan organ tubuh yang membawa beban paling berat dari tubuh kita. Kaki kita.

Rahasia Berjalan Alami adalah lokakarya yang membantu membenarkan postur tubuh kita dengan cara melatih cara berjalan dengan langkah yang memperhatikan pembenaran otot-otot,  bentuk atau proporsi tubuh, tulang belakang, untuk menjernihkan emosi dan pikiran, hingga yang menenangkan hati.


Saya mempunyai masalah di tulang kering kaki yaitu shin splint. Sindrom ini biasa dialami oleh yang baru memulai aktivitas olahraga. Yah maklum, saya pelari baru.. hehehe. Dari hasil konsultasi dengan fisioterapis pun, mereka mengatakan karena cara berlari saya yang salah. Makanya saya penasaran apakah juga bisa diperbaiki dimulai dari cara berjalan melalui dengan RBA jika memang ada yang salah dengan cara berlari atau bahkan cara berjalan saya.

7F2A7150 copy.jpgYang sangat menempel di ingatan saya dari hasil mengikuti pelatihan RBA adalah bahwa cara berjalan sangat bisa mempengaruhi mood saya. Sebelum ikut pelatihan ini, saya tidak tahu bahwa bahkan hanya dengan mengubah cara berjalan saya, saya akan merasa lebih bahagia. (based on research in Canada)

Dari newsletter yang saya terima sebelum mengikuti pelatihan dari RBA disebutkan, gaya atau cara berjalan seseorang bisa diubah menjadi 2 gaya, gaya berjalan ‘sedih’ dan  ‘bahagia’. Menurut penelitian tersebut, orang yang berjalan dengan gaya “sedih” lebih banyak mengingat kata-kata negatif dibandingkan dengan peserta penelitian lainnya yang diminta untuk berjalan dengan gaya “bahagia”.

Perubahan apa yang diingat seseorang ini sangatlah penting karena hal ini turut berperan dalam timbulnya gejala depresif. Seseorang yang sedang mengalami depresi cenderung untuk mengingat berbagai kejadian negatif dan memfokuskan perhatian mereka pada kejadian tersebut, yang membuat mood mereka menjadi buruk.

Dengan mengubah gaya berjalan atau cara seseorang bergerak, maka hal ini dapat mempengaruhi bagaimana otak kita memproses suatu informasi. Oleh karena itu, bila ingin memperbaiki mood yang sedang buruk, perbaiki cara berjalan dan kita pun akan merasa lebih baik.

Pengajar RBA kami, Ibu Idayanti Sudiro (Okky) seorang Professional Walking Instructor menegaskan bahwa, “Santai dan senyum ke hati adalah kunci utama keberhasilan RBA.” Ibu Okky meyakinkan bahwa dengan memperbaiki cara berjalan saja, bisa memperbaiki postur tubuh dan menjadi solusi dari keluhan kita, tanpa obat, bahkan tanpa operasi.

 

7F2A7162 copy.jpg

Workshop berlangsung selama 5 jam, perlahan-lahan memperbaiki cara jalan saya.

 

RBA ini bisa kita latih di mana saja.. baik di dalam rumah, maupun di luar rumah. Untuk latihan di dalam rumah, dapat dibantu dengan CD untuk durasi berjalan cepat dan normal yang sudah ditentukan. Pilihan durasi latihan ada 45 menit, 1 jam dan 1,5 jam.

7F2A7107 copy.jpg

Caranya mudah, dengan beberapa langkah berikut: 1) Memasang lakban agar jarak kaki depan dan belakang saya setengah panjang telapak kaki; 2) Latihan kunci 1 & 2 untuk kaki kiri dan kanan setiap hari. (kunci 1 dan 2 adalah posisi tubuh kita, selengkapnya diajarkan pada sesi latihan); 3) Kebenaran kunci 1 & 2 akan berpengaruh pada kunci-kunci  berikutnya; 4) Pastikan setiap hari saya melatih CD yang sudah dibagikan dan berjalan ala RBA.

Di group peserta RBA, saya bertemu teman baru dengan keluhan yang berbeda-beda setiap orangnya. Saya senang bisa berbagi pengalaman dan keluhan.

Dengan mengikuti pelatihan, selain saya merasa lebih sehat dan bahagia, saya juga mengetahui paling tidak saya sudah tahu cara berjalan yang benar. Peserta mendapatkan bonus pelatihan di RBA Centre selama 3 x 1,5 jam. Di sana, latihan saya akan dipantau langsung oleh instruktur dan saya dapat menanyakan masalah dalam latihan saya. Yay, sounds good!

Setelah pelatihan, kami mendapatkan sertifikat RBA, booklet dan CD yang berguna untuk latihan lanjutan sendiri di rumah.

7F2A7114 copy.jpg

Setelah pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat RBA, CD dan booklet yang berguna untuk latihan lanjutan sendiri di rumah.

Nah.. Minggu ini, RBA akan kembali mengadakan pelatihan. Buat kamu yang berminat ikut atau sekadar konsultasi keluhan, bisa didapatkan dengan mengunjungi website RBA atau mendownload e-brochure nya di sini.

So see you this weekend, shall we? 🙂

Advertisements

About lolitalavietha

Lolita Lavietha is a social networking enthusiast who believes the social media with its creative content is the future of communication. Lolita lives in Jakarta, and loves running the extra miles and improve her diving experience. Reach Lolita at: Twitter & Instagram: lavivrie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: